Selasa, 12 November 2013

Pidato " Dampak dari Narkoba"



Assalamu’alaikum Wr Wb
Yang terhormat kepala sekolah, yang saya hormati Bapak/Ibu Guru serta staf Tata Usaha dan Tamu undangan yang telah hadir, serta teman-teman yang saya cintai.
Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul disini. Tak lupa kita limpahkan shalawat serta salam ke junjungan besar kita yakni nabi Muhammad Saw dan kepada keluarganya, para sahabatnya dan para pengikutnya. Pada kali ini saya akan menyampaikan pidato tentang Narkoba.

Kita mengenal yang namanya narkoba. Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat-obatan terlarang.  Sementara nafza merupakan singkatan dari narkotika, alkohol, dan zat adiktif lainnya. Karena didikan dan pengawasan orang tua yang kurang kepada anaknya. Banyak pula tempat-tempat yang sengaja menyediakan barang  haram tersebut, hanya untuk bisnis. Jadi, tidak mengherankan bahwa pengguna narkoba terus meningkat dari tahun ke tahun. Dalam hukum Internasional, lembaga United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) yang menangani masalah Narkoba dan Kriminal,  berada di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) secara jelas menyatakan bahwa penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba merupakan salah satu kejahatan yang menghambat pembangunan secara Global. Karena itu Indonesia masih dikatakan sebagai negara berkembang karena penghabatan oleh kasus-kasus narkoba. Agar kita mengenal kita harus tahu tentang narkoba.
Narkoba digolongkan menjadi 3 jenis, yaitu :
  1. Narkotika
  2. Psikotropika
  3. Zat psiko-aktif lainya.
Zat psikotropika populer disebut Ecstasy dan Shabu-shabu dianggap favorit di kalangan pengguna kelas menengah dan atas. Namun, untuk peningkatan jumlah orang muda, obat pilihan adalah heroin kelas rendah, yang dikenal sebagai putaw, yang murah, banyak, tetapi berpotensi mematikan. Di Indonesia jumlah pengguna narkoba begitu besar, karena lemahnya penegakan hukum di Indonesia. Kita telah mengenal golongan narkoba. Sekarang kita juga perlu tahu kenapa narkoba begitu dibenci oleh para pemberantas narkoba dan kenapa sebagai penghambat secara Global dan khususnya negara itu sendiri? Karena dari dampak negatif penyalahgunaan narkoba, khususnya dikalangan pelajar dan umumnya dikalangan rakyat seperti :
1.      Perubahan dalam sikap, dan kepribadian,
2.      Sering membolos, menurunnya kedisiplinan dan nilai-nilai pelajaran,
3.      Menjadi mudah tersinggung dan cepat marah,
4.      Sering menguap, mengantuk, dan malas,
5.      Tidak mempedulikan kesehatan diri,
6.      Suka mencuri untuk membeli narkoba,
7.      Bahkan bisa menimbulkan kematian.

Dari dampak negatif tersebut sudah jelas bahwa narkoba itu sangat menghambat proses pembangunan negara. Apalagi jika narkoba banyak digunakan oleh pejabat pemerintahan, bisa terbayang negara akan seperti apa jika itu terjadi. Kita dapat menghindari narkoba, dengan cara :
1.    Meningkatkan iman dan takwa, dengan mengikuti acara-acara ke agamaan,
2.    Sering melakukan kegiatan sosial yang positif, seperti memberi bantuan kepada korban bencana alam,
3.    Tidak bermain dengan orang yang patut dicurigai, seperti anak pank,
4.    Dan kita harus up-dete tentang narkoba agar tidak ku-date.

Telah banyak penyuluhan-penyuluhan tentang bahaya narkoba seperti poster-poster, bimbingan dari guru, kepolisian dan kesehatan. Penyuluhan-penyuluhan tersebut akan berjalan dengan baik jika ada kesadaran dari diri sendiri. Kita telah tahu macam narkoba, dampak negatif dan cara menghindari narkoba. Begitu mengerikan narkoba untuk masa depan dan kehidupan. Oleh karena itu kita harus jauhi dan ikut serta memberantas penggunaan narkoba. Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf.
Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar